Jaket merupakan pakaian yang populer di berbagai belahan dunia. Jaket yang pada awalnya merupakan pakaian untuk menghangatkan badan, namun saat ini jaket menjadi salah satu pakaian yang memiliki fungsi fashion. Karena itu jaket pada masa sekarang memiliki bentuk yang bervariasi dan menggunakan kain yang bermacam jenis.

Ada beberapa model jaket yang saat ini masih populer sejak diciptakannya sampai pada hari ini. Beragam jenis model jaket ini akan mudah ditemui di berbagai toko pakaian. Bahkan beberapa model jaket seperti jaket untuk almamater diproduksi secara massal oleh perusahaan konveksi seragam. Inilah beberapa jenis jaket pria yang populer pada saat ini.

Jenis Jaket Pria
Jaket Denim. Sumber Unsplash

Denim

Jaket denim ini mungkin salah satu jaket yang populer. Bahan jaket ini menyerupai atau sama dengan bahan celana jeans. Ciri khasnya memiliki kancing pada pergelangan tangannya. Selain itu saku yang berbentuk khas berpenutup menjadi ciri lainnya.  Yang menjadikan jaket model ini populer adalah karena pakaian ini sering di pakai oleh artis dan memiliki gaya yang khas.

 Jaket Harrington

Jika anda melihatjaket dengan motif kotak kotak di bagian dalamnya maka bisa jadi jaket tersebut merupaka jaket Harrington. Model jaket Harrington yang pertama memang memiliki ciri khas unik yang membedakannya dengan jaket lainyaitu kerah berdiri, kantong dengan tutup yang vertikal dan pola kotak-kotak di bagian dalamnya.

Jaket Harrington pertama kali diluncurkan di pasaran pada tahun 1937, saat John dan Isaac Miller, pemilik perusahaan bernnama Baracuta membuat jaket yang kemudian disebut dengan “G9 Blouson”. Dan saat ini model jaket Harrington masih bertahan dengan ciri khasnya yaitu bagian dalam jaket memiliki motif kotak-kotak seperti kemeja.

Jaket Windbreaker

Jaket ini umum dimiliki oleh orang yang berada di daerah bersuhu dingin seperti daratan Eropa. Namun tidak jarnag jaket ini juga populer di kawasan tropis seperti Indonesia. Kaarena terkadang Indonesia juga memiliki suhu yang cukup dingin di malam hari. Jaket ini memiliki ciri khas tambahan bahan karet pada pegelangan tangannya sehingga tetutup rapat. Kemudian pada bagian leher umumnya juga memiliki kerah yang tebal atau ada tambahan hoodie seperti tudung kepala.

Jaket ini didesain rapat saat dipakai oleh pemakainya sehingga cocok dipakai saat musim dingin agar telindung dari cuaca dingin dan angin. Jaket windbreaker juga cocok menjadi busana penghangat saat diperjalanan, baik saat mengendarai motor atau berjalan kaki di cuaca dingin seperti saat treking di pegunungan.

Jaket Bomber

Jaket bomber ini sudah ada cukup lama di dunia fashion. Di awal kemunculannya dipakai oleh orang-orang dengan profesi pilot. Jaket bomber ini juga biasa dikenal dengan nama flight jacket atau jaket penerbangan. Jaket yang populer di tahun 90an ini dikenal sebagai kostum para penyanyi hip-hop. Jenis jaket pria yang satu ini memang fashionable sepanjang jaman.

Jaket bomber memiliki bentuk yang agak menggembung, dan dilengkapi dengan ritsleting. Ciri lain cukup khas dari jaket bomber adalah adanya semacam kantong di bagian depan sisi kanan dan kiri bagian jaket dan peletakan kantong umumnya dengan posisi menyerong atau diagonal. Biasanya dalam gaya pemakaian jaket, kedua tangan akan di masukkan ke dalam saku samping jaket.

Jenis Jaket Pria
Jaket Varsity. Sumber Unsplash

Jaket Varsity

Jaket yang berciri khas bordiran huruf besar di bagian depannya ini sebenarnya merupakan jaket almamater Harvard University. Ciri lainnya adalah bagian lengan memiliki warna yang berbeda. Biasanya memiliki warna lebih muda. Selain itu pada bagian pergelangan tangan terdapat karet.  Model jaket yang juga memiliki nama Letterman Jacket ini akhirnya ditiru oleh kampus-kampus lainnya dan akhirnya booming dan dikenal saat ini dengan nama jaket varsity.

 Jaket Kulit

Jaket ini ada yang berasal dari kulit binatang asli dan ada juga yang berua kulit sintetis. Jaket dengan kulit asli akan di bandrol dengan harga yang tinggi. Tampilan jaket kulit menyiratkan kesan sangat maskulin dan dari dulu sampai sekarang modelnya tidak berubah. Jaket ini biasanya merupakan kostum dari musisi rocker, biker atau anak motor, dan lainnya.

Jaket Parka

Jaket dengan ciri khas hiasan hoodie atau tudung dengan aksen bulu ini mulai dikenal luas dan dipergunakan oleh kalangan militer Amerika Serikat di tahun 50-an umtuk mengatasi hawa dingin saat musim dingin. Jaket parka saat ini menjadi item fashion yang sangat digemari oleh berbagai kalangan. Padahal pada awalnya sebelum di populerkan oleh militer Amerika Serikat, jaket ini merupakan pakaian orang eskimo.

Jenis Jaket Pria
Jaket Parka. Sumber Unsplash

Sports Jacket

Jaket ini memiliki nama lain tweed jacket atau tweed coat. Ciri khas dari sports jacket sepintas sangat mirip dengan jas, dan biasanya terbuat dari bahan corduroy, suede, denim, atau tweed.  Meskipun namanya sport jacket, namun jaket ini malah justru digunakan untuk acara formal bukan untuk berolah raga.

Demikian jenis jaket pria yang bisa anda jadikan pilihan ketika akan membeli jaket. Anda bisa membeli jaket sesuai dengan selera anda. Bagi yang masih pelajar atau mahasiswa bisa menjatuhkan pilihan pada jaket varsity. Atau anda yang hoby touring dengan sepeda motor bisa memakai jaket kulit dan sebagainya. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel lainnya tentang digital marketing bisnis clothing. Terima kasih.

Open chat
Klik langsung pesan baju